MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) DI MTSN 3 KEDIRI

MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) DI MTSN 3 KEDIRI

MATSAMA adalah kegiatan madrasah yang dilaksanakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk saling memperkenalkan diri antar siswa baru dan lingkungan madrasah tersebut serta dapat menjadikan sebagai momentum untuk membentuk siswa/siswi yang lebih berkarakter, intelektual, dan siap bersaing di dalam maupun di luar madrasah.


Hari Pertama
Pembukaan MATSAMA: Kegiatan pembukaan MATSAMA MTsN 3 KEDIRI yang diresmikan dengan upacara bendera disertai pelepasan balon ke udara, pemukulan gong, dan penyematan tanda pengenal peserta MATSAMA yang dilakukan oleh kepala MTsN 3 KEDIRI yaitu Drs. H. Jamiludin, M.Pd.I. Dengan dibukanya kegiatan MATSAMA 

Wasasan Wiyata Mandala :     Peserta kegiatan MATSAMA dibekali dengan berbagai ilmu yang disampaikan oleh bapak/ibu guru salah satunya materi tentang Wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Bpk. Triyono, S.Pd. Pengertian dari Wawasan Wiyata Mandala adalah sebagai berikut :

- Wawasan : Pandangan
- Wiyata : Pendidikan
- Mandala  : Tempat 

Hari Kedua

LBB: Kegiatan Latihan Baris Berbaris dilaksanakan di lapangan MTsN 3 KEDIRI yang bertujuan untuk melatih fisik dari peserta didik baru dengan dipandu oleh guru olahraga yaitu :
- Arifin Siregar, S.Pd.
- Ariful Utsman Affandi, S.Pd.
- Matasim, S.Pd.
- Isma Pranata Hilma, S.Pd.
- Eza Mahendra, S.Pd.

Tampilan Ekstra dan Intra : 

Pramuka :



ECC ( ENGLISH CLUB COMMUNITY):



  UKS/PMR :


OSIS/MPK :


Pagar Nusa  :



Habsyi :



Hari Ketiga : 

Akhlakul Karimah: Materi Akhlakul Karimah ini adalah Sebuah materi yang disampaikan oleh Ibu Mir’atun Nisa, S,Ag. Yang bertujuan untuk membimbing peserta didik baru MTsN 3. 
KEDIRI agar mempunyai akhlak yang baik serta dapat mengetahui batasan-batasan antara pria dan wanita. 

SKAL Madrasah: Study Kenal Alam dan Lingkungan Madrasah bertujuan untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru, agar para peserta didik baru menetahui letak-letak denah dari MTsN 3 KEDIRI.

Hak dan Kewajiban siswa + Progam Madrasah serta CBSA :    Materi ini disampaikan oleh Bpk. Komaroddin, S.Pd di dalam Aula MTsN 3 KEDIRI yang ditujukan kepada peserta MATSAMA agar mereka  mengetahui hak dan kewajibannya sebagai pelajar serta memberikan motivasi agar mereka mengetahui Cara Belajar Siswa Aktif.

Demonstrasi Ekskul: Kegitan Demonstrasi Ekskul adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan & mempromosikan Ekstra & Intra di MTsN 3 KEDIRI agar para peserta didik baru tertarik untuk mengikuti salah satu ekstra & intra yang didemonstrasikan oleh perwakilan Ekskul tsb.

Hari Keempat :

Out Bond: Kegiatan ini  di tujukan kepada seluruh peserta didik baru MTsN 3 KEDIRI dengan tujuan agar seluruh peserta MATSAMA dapat lebih mengenal lingkungan sekitar madrasah serta menjadikan peserta MATSAMA cinta lingkungan.kegiatan OUTBOND di laksanakan di sekitar lingkungan MTsN 3 KEDIRI. Para peserta didik baru di dampingi dengan kakak-kakak OSIS/MPK & diberi  tugas untuk membuat yel-yel.kegiatan ini    
  
Penutupan MATSAMA: Kegiatan penutupan adalah akhir dari seluruh rangkaian acara MATSAMA yang telah dilaksanakan dengan baik sebelumnya serta kegiatan ini juga merupakan perpisahan antara kakak pembimbing dari OSIS/MPK dengan anggota dari kelompok tsb. Semoga apa yang telah kita lalui bersama dapat selalu mengingatkan kepada kita betapa pentingnya persahabatan di dalam hidup kita.

Tim Jurnalistik:
Muhammad Sudarmono
Chalvin Nur Cahya
Umi Sayidatin
Eka Amalia Putri

Komentar